Wednesday, June 10, 2009

Contoh RPP-Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bidang Studi Matematika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP I ....
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 1 (Satu)

Kompetensi Dasar : 1.5. Membuat sketsa grafik fungsi aljabar
sederhana pada system koordinat Cartesius.
Indikator : Menentukan pasangan terurut fungsi kemudian
menggambar diagram Cartesiusnya.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menentukan pasangan terurut fungsi kemudian menggambar diagram cartesiusnya.

Materi Ajar
Menggambar grafik fungsi.

Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
Pendahuluan :
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan inti :
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menentukan terurut fungsi kemudian menggambar diagram cartesiusnya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan pasangan terurut fungsi kemudian menggambar diagram cartesiusnya.
Peserta didik mengerjakan soal-soal dari ”Cek Pemahaman” dalam buku paket hal………….mengenai penggambaran diagram panah, himpunan pasangan berurutan, dan diagram cartesius, serta pengidentifikasian relasi yang merupakan fungsi.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetesi berkembang melalui latihan” dalam buku paket hal……….mengenai penggambaran diagram panah, himpunan pasangan berurutan, dan diagram cartesius, serta pengidentifikasian relasi yang merupakan fungsi, penentuan domain, kodomain, dan range fungsi, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai fungsi, yaitu mengenai pengertian relasi, cara menyatakan relasi, pengertian fungsi (pemetaan), cara menghitung nilai fungsi, dan menggambar grafik fungsi.
Penutup:
Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
Peserta didik dan guru menyimak dan membahas “Refleksi matematika” pada hal…….
Peserta didik dberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “kompetensi berkembang melalui latihan” dalam buku paket hal…..yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

Pertemua kedua
Pendahuluan : Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan soal-aoal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan materi mengenai fungsi, yaitu mengenai pengertian relasi, cara menyatakan relasi, pengertian fugsi (pemetaan), cara menghitung nilai fungsi, dan menggambar grafik fungsi.
Kegiatan inti :
Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya mengenai persamaan garis lurus.

Alat dan Sumber Belajar
Sumber :



Alat :
Laptop
LCD
OHP

Penilaian
Teknik : tugas individu, kuis, ulangan harian.
Bentuk instrument : uraian singkat, pilihan ganda
Contoh instrument :
Diketahui himpuan P=(2,3,4,5)dan Q=(2,3). Relasi dari P ke Q adalah I “lebih dari”.
Gambarlah diagram panah relasi itu! Apakah relasi itu merupakan fungsi?
Buatlah himpuan pasangan berurutannya!
Gambarlah diagram cartesiusnya!
Diketahui f(x)→2^x-3. dengan domain (-2,-1,0,1,2,3). tentukan range fungsi tersebut!
Diketahui f(x)→ax+4. dengan x∈R. jika f(-)=1, maka f(1)=⋯
1 c. 5
3 d. 7

Bandung,………………………20…..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi


Dadin Sihabudin, S.Ag. Dede Sihamadi, S.Pd.
NIP. NIP.150347999



0 comments: