Kamis, 11 Juni 2009

IMPLEMENTASI PROGRAM PERMAINAN PUZZLE DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENCARIAN BEST FIRST SEARCH

Inti dari pembuatan program permainan puzzle ini adalah pada penguasaan teknik Penyelesaian masalahnya. Teknik ini memegang peranan penting yang meliputi hal-hal berikut :

1. Teknik pengambilan gambar untuk puzzle
2. Teknik Resizing/penyesuaian ukuran gambar dan randomizing/acak gambar
3. Teknik pelacakan gambar melalui Metode Best First Search

Teknik-teknik tersebut akan kita bahas, agar proses atau alur program lebih jelas.
1. Teknik pengambilan gambar yang dijadikan puzzle
Ketika pertama kali program dikompilasi, program akan menentukan karateristik dan ukuran form dan gambar yang dikehendaki. Penulis membuat ukuran yang default untuk form dan gambar tersebut. program akan mengenali/mengambil gambar yang telah disimpan di kontrol pictureclip. Untuk pertama kali gambar akan dibagi menjadi 16 bagian dengan matrik 4x4 dan ada satu gambar yang tidak ditampilkan sehingga merupakan ruang kosong sebagai penanda gerak permainan puzzle ini.
2. Teknik Resizing/penyesuaian gambar dan randomizing/acak gambar
Pada teknik ini program bertugas untuk melakukan penyesuaian ukuran gambar yang akan dijadikan puzzle, pemotongan gambar menjadi bagian-bagian kecil dan siap untuk dilakukan proses acak. Setelah gambar diambil dan ditentukan ukurannya melalui teknik pertama, program akan melalui proses kedua yaitu teknik Resizing dan randomizing.

Teknik resizing merupakan teknik untuk membuat ukuran potongan gambar yang telah dibuat matriknya mempunyai ukuran lebar dan tinggi yang sama. Dan melalui fungsi randomize program akan menempatkan potongan-potongan gambar tersebut secara acak. Kalo kita mentracenya melalui perintah F8 maka akan terlihat bahwa program akan meletakkan satu-satu potongan gambar tersebut di puzzle board. Kedua teknik ini dilakukan secara bersamaan artinya secara otomatis apabila teknik resizing selesai maka fungsi randomize akan mengacak potongan gambar tersebut dengan perhitungan matrik gambar tertentu.
Ukuran koordinat matrik gambar terbanyak adalah 8x8, yang merupakan tingkatan mahir. Untuk pertama kali program memeriksa kesesuai koordinat matrik dari gambar yang dijadikan puzzle, jika yang dibuat default adalah untuk kelas pemula maka prosedur akan mengenali bahwa gambar akan dipotong dengan ukuran matrik 4x4
Melalui fungsi refresh matrik(menentukan ukuran matrik) program langsung memproses matrik untuk level pemula yang terdiri dari 16 potongan kolom dan baris serta ada satu potongan bidang gambar yang tidak diisi gambar. Apabila nantinya user menghendaki level mahir maka ukuran matriknya menjadi menjadi 8x8 dan ada 64 potongan gambar yang siap dijadikan puzzle.
Proses program dilanjutkan untuk penampilan dan proses randomizing image, sebelum gambar ditampilkan program akan memeriksa lebar dan tinggi gambar, kemudian melalui teknik pemotongan sebelumnya program akan menampilkan satu-satu gambar dan melalui fungsi randomize, matrik gambar akan diacak sesuai dengan kondisinya.

Reaksi:

0 komentar:

Bisnis Blog Tutorialkuliah

ALT/TEXT GAMBAR