Wednesday, July 15, 2009

Teknik Pengumpulan data pada Tugas Akhir/Skripsi

Tugas akhir/skripsi pasti memerlukan teknik pengumpulan data ini, berikut saya berikan gambaran mengenai teknik pengumpulan datanya :

1. Studi Literatur.
Melalui teknik ini dilakukan kegiatan penghimpunan data, keterangan dan informasi dengan penelaahan secara cermat atas berbagai dokumen, arsip, hasil laporan, buku-buku ilmiah, persatuan perundang-undangan dan bahan-bahan tertulis lainnya yang relevan dengan variabel penelitian.

2. Penelitian Lapangan
Dalam penelitian lapangan ini dilaksanakan pengamatan langsung terhadap objek penelitian yaitu dengan melalui:

a. Kuesioner atau Angket
Menurut Narbuko dan Achmadi (1999:76) mengatakan bahwa: “Kuesioner adalah suatu daftar yang berisikan rangkaian pertanyaan mengenai sesuatu masalah atau bidang yang akan diteliti”.
Penulis menggunakan pertanyaan angket dengan pertanyaan tertutup, melalui pertanyaan tertutup responden diminta membuat pilihan diantara seperangkat alternatif tertentu yang telah ditetapkan oleh peneliti.

b. Wawancara
Wawancara yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan cara mengadakan tanya jawab langsung kepada responden dengan menggunakan wawancara terstruktur yang disiapkan oleh penulis.
Dengan metode wawancara diharapkan dapat diperoleh keterangan-keterangan dari Camat dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) mengenai data yang tidak atau masih belum terjaring melalui metode kuesioner.

c. Observasi (Pengamatan)
Teknik pengumpulan data melalui Observasi menurut Narbuko dan Achmadi (1999 : 83 ) adalah: “Alat pengumpulan data yang dilakukan cara mengamati dan mencatat secara sistematis gejala-gejala yang diselidiki”.
Berdasarkan hal diatas penulis menyimpulkan bahwa dalam melakukan observasi partisipatif, peneliti melibatkan diri dalam kehidupan masyarakat dan situasi dimana penelitian dilaksanakan. Peneliti berbicara dengan bahasa mereka, bergurau dengan mereka, menyatu dengan mereka dan sama-sama terlibat dalam pengalaman yang sama.

0 comments: