Wednesday, September 2, 2009

Perbedaan Antara Sel Pria dan Wanita

Sifat kelamin dari anak sudah ditewntukan pada waktu fertilisasi dan bukan oleh sel telur,melainkan oleh sel mani.sel-sel pria maupun wanita mempunyai 46 buah kromosom ialah 22 pasang kromosomn biasa dan sepasang sex cromosom.

Perbedaaan antara sel pria dan sel wanita terletak pada sex kromosom
1.sel pria mempuyai sepasang sex kromosom yang berlainan jadi 22 pasang kromosom biasa dan sebuah x sex kromosom dan sebuah y sex cromosom.

2.sel wanita mempunyai sex cromosom yang sama jadi 22 pasang cromosom yang sama jadi 22 pasang kromosom biasa dan biasa dan 2 buah x sex kromosom.
Dalam proses pematangan dari ovum dan spermatozoa terjadilah pembagian reduksi, pembagian sedemikian rupa hingga sel-sel yang baru hanya mempunyai separuh dari jumlah kromosom chromosomn yang biasa.
Dengan demikian sel telur yang matang mempunyai 22 buah kromosom biasa dan sebuah x kromosom.

Tetapi sel mani yang matang ada 2 macam ialah
Sel manbi dengan22 buah kromosom biasa dengan sebuah x cromosom, dan sel mani dengan 22 buah cromosom biasa dengan y cromosom.
Jika spermatozoon dengan 22 buah cromosom biasa dan sebuah x kromosom membuahi sebuah sel telur maka terjadilah zigot dengan 44 cromosom biasa dan 2 buah x chromosom, nyatalah bahwa zigot ini akan menjadi anak perempua.
Jika spermatozoon dengan 22 buah kromosom biasa dan sebuah y kromosom membuahi sebuah sel telur,maka terjadilah zigot dengan 44 kromosom biasa , sebuah x kromosom dan sebuah y cromosom , maka zyigot ini akan menjadi anak laki-laki.


0 comments: