Friday, May 21, 2010

Tugas Perkembangan Lansia

Menurut Erickson, kesiapan lansia untuk beradaptasi atau meyesuaikan diri terhadap tugas perkembangan usia lanjut dipengaruhi oleh proses tumbuh kembang pada tahap sebelumnya.
Apabila seseorang pada tahap tumbuh kembang sebelumnya melakukan kegiatan sehari-hari dengan teratur dan baik serta membina hubungan yang serasi dengan orang-orang di sekitarnya, maka pada usia lanjut ia akan tetap melakukan kegiatan yang biasa ia lakukan pada tahap perkembangan sebelumnya seperti olahraga, mengembangkan hobi bercocok tanam dan lain-lain.
Adapun tugas perkembangan lansia adalah sebagai berikut :
a. Mempersiapkan diri untuk kondisi yang menurun
b. Mempersiapkan diri untuk pension
c. Membentuk hubungan baik dengan orang seusianya
d. Mempersiapkan kehidupan baru
e. Melakukan penyesuaian terhadap kehidupan social/masyarakat secara santai
f. Mempersiapkan diri untuk kematiannya dan kematian pasangan

2 comments:

Kartika P. D. said...

Bagaimana agar perkembangan mental dan emosi pada lansia tidak mengalami penurunan terkait dengan penurunan fisik yang dialaminya?
Terima kasih.

Unknown said...

Diberikannya kesiapan kepada lansia tersebut terhadap penurunan fisik yang akan dialami. Kesiapan disini dapat berupa informasi mengenai perubahan fisik, seperti penyakit yang sering dihadapi oleh lansia, dan pencegahannya, latih lansia untuk mengambil sikap dan tindakan ketika terjadi suatu gangguan kesehatan seperti cara perawatan, melibatkan lansia terhadap komunitas lansia yang ada di masyarakat, serta mengenalkan dan memberi petunjuk lansia kepada fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pelayanan.